28 October 2012

Cara membuat website gratis di Google Site



Panduan membuat website/weblog sudah banyak dikupas dalam berbagai artikel. di dunia, termasuk di Indonesia yang sudah mulai menikmati beragam kemudahan yang diberikan oleh internet melalui website dan weblog.

Pada bulan Februari 2008, Google telah meluncurkan program web hosting-nya yang bebas biaya atau gratis. dan telah dilengkapi dengan program aplikasi berupa templet dan program aplikasi sederhana lainnya. Program atau web hosting dari Google tersebut bernama "Google Sites".

Website yang dibuat menggunakan Google Sites, meskipun hanya website sederhana, dapat diakses oleh siapa pun dan dari mana pun selama memiliki akses (online) ke internet.

Web hosting Google Site ini dapat dimanfaatkan oleh setiap pengguna Google yang telah memiliki akun Google

Tahapan  Pembuatan Website 

Sekali lagi, sebelum membuat website di Google Sites, pastikan bahwa anda telah memiliki akun Google. Jika belum, buat dulu akun Google melalui pendaftaran Google Mail. Email ini pun akan berguna nantinya, ketika anda akan melakukan konfirmasi pendaftaran.

Setelah anda memiliki akun Google, akses portal Google Sites melalui alamat atau (klik)  http://sites.google.com.

Halaman log-in Google Sites mirip dengan Google Mail atau Gmail. Di sisi kanan, Anda akan temukan kotak log-in. Isikan nama akun Gmail Anda di kotak email, sedangkan sandi atau password email Anda di kotak sandi.

Setelah log-in berhasil, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah lihat tayangan video diatas atau sebagai urutan berikut :
  1. Klik tombol Create Site. Pada halaman selanjutnya Anda akan disodorkan pilihan template situs. Apabila Anda ingin membangun situs pribadi Anda dari nol – bahasa kerennya, start form scracth – silakan pilih blank template. Akan tetapi, jika ingin bergerak lebih cepat, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai opsi template yang disediakan.
  2. Pada halaman tersebut, biasanya hanya ditampilkan lima template –termasuk blank template-. Jika template yang Anda inginkan tidak ada di situ, klik Browse the gallery for more. Anda akan diarahkan ke halaman lain yang khusus menyajikan pilihan template. Untuk tahap ini, disarankan Anda memilih blank template.
  3. Jangan lupa namai situs Anda pada kotak Name your Site. Secara otomatis, nama situs Anda akan diubah menjadi alamat situs pada kotak Your site will be located at this URL. Misalnya, situs Anda dinamai sebagai Awan’s Web maka di kotak alamat situs, otomatis akan tertulis http://sites.google.com/sites/awansweb. Akan tetapi, Anda bisa mengubah sendiri alamat ini. Misalnya, Anda ingin ubah alamat http://sites.google.com/sites/awansweb tersebut menjadi http://sites.google.com/sites/worldofawan. Cukup klik pada kotak alamat situs lalu hapus alamat yang otomatis dibuatkan tadi. Ganti dengan alamat yang Anda inginkan.
  4. Langkah yang terakhir adalah tikkan kembali huruf-huruf captcha yang ada di bagian bawah. Masukkan kembali huruf-huruf tersebut pada kotak yang tersedia. Apabila semua langkah telah dilalui, klik tombol create site.
Memulai menulis informasi, tulisan atau artikel 

Oke, situs Anda sudah tercipta. Halaman selanjutnya yang ditampilkan oleh Google Sites adalah halaman pertama situs Anda. Halaman pertama ini dikenal pula dengan istilah homepage (halaman pertama atau halaman depan).

Apabila memilih blank template pada halaman sebelumnya, Anda akan melihat tampilan halaman pertama yang polos. Hanya ada judul situs dan kolom navigasi di sebelah kiri. Untuk mengisi halaman depan itu dengan teks atau hal lainnya, klik tombol edit page. Tunggu loading editor-nya selesai.

Apabila Anda ingin memasukkan gambar ke halaman tersebut, klik menu Insert lalu pilih Image. Google akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan dari mana sumber gambar yang ingin ditampilkan.
Apabila ingin mengunggah (upload) dari komputer, pilih uploaded images, lalu klik tombol browse. Pilih file yang ada di komputer Anda lalu klik open. Di kotak dialog, klik OK. Gambar yang Anda pilih akan diunggah lalu ditambahkan ke dalam halaman.

Jika Anda ingin mengambil gambar dari internet, cukup salin alamat link gambar tersebut lalu pilih Web address. Masukkan alamat link gambar yang tadi Anda salin. Klik Ok, maka gambar ditambahkan ke dalam halaman. Jika semua perubahan sudah selesai, klik Save. Jadilah halaman depan situs Anda.

Untuk menambahkan halaman baru, cukup klik tombol create page. Lakukan pengeditan seperti yang dijelaskan di atas. Setelah segalanya selesai, klik lagi tombol save. Prosedur yang sama berlaku setiap pembuatan halaman baru.

Mudah bukan? Membaca saja tentu membuat penasaran. Lantas, mengapa tidak Anda praktikkan, dan buat situs Anda dikenal berjuta orang di dunia!

Contoh Templet Website untuk guru [KLIK DISINI]

Untuk tutorial selengkapnya  [KLIK DISINI]
Informasi terkait :

-->

31 comments:

  1. ehm ternyata masih bisa ya menggunakan google site. Tapi alamat subdomainya jadi lebih panjang ya.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya... Sangat bermanfaat.. Izin praketek ;)

    ReplyDelete
  3. Trims y atas infonya

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas informasinya friend

    ReplyDelete
  5. untuk menambahkan halaman page mohon diperjelas gan..
    ane nyari ga ketemu ;D

    ReplyDelete
  6. trimahkasih gan infonya, akan gue praktekin deh,, mohon doanya, hehe

    ReplyDelete
  7. thx infonya gan..
    http://awasngentot.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. yang susah dan males pas posting artikel mikirnya berulang kali. hehehe

    ReplyDelete
  9. mantap gan cuman gambarnya kurang jelas cek di sini biar lebih jelas.

    http://blograhasiadownload.com/cara-membuat-website-gratis/

    ReplyDelete
  10. trimksih infonya gan...


    http://blogekoveri.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. NICE tutorial gan
    sangat membantu bangett
    makasi ya

    ReplyDelete
  12. kita juga punya nih jurnal mengenai aplikasi mobile, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5350/1/Jurnal.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    ReplyDelete
  13. mksh kawan atas info'x, sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  14. emang ada ya web yang gratisan, trus domainnya gmana

    ReplyDelete
  15. Luar biasa sangat bermanfaat artikelnya...salam kenal bos

    ReplyDelete
  16. Kalo mau nambah kapasitas hoating di google site gimana caranya ya..bagi yg udah tau mohon penjesannya..

    ReplyDelete
  17. Jasa Pembuatan Website Perusahaan dan Website Toko Online Paling Murah.
    Diskon 30%. Cocok Untuk Usaha Anda.
    dan
    Jasa Like Fanspage MURAH :
    1000 Like?
    2000 Like?
    5000 Like?
    10.000 Like?
    info : RajaWebsite.Net

    Pemesanan :
    - 0822.2010.1566
    - 0822.2024.4508
    Pin BB : 30F6F56B

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Scholarship Information :

Posting Terkini di e-Newsletter Disdik :

Arsitektur today :